KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kit panjatkan
kepada tuhan Yang Maha Kuasa, yang telah memberikan petunjuk kepada kami untuk
menyusun sekaligus menyelesaikan proposal untuk kegiatan yang akan di selenggaran ini yaitu kegiatan Pekan olahraga
dan seni (PORSENI)
SMK Wiraswasta Cimahi Tahun Pelajaran
2022-2023. Proposal ini kami buat berdasarkan hasil pemikiran dan persetujuan
semua pihak yang bertanggung jawab di dalamnya.
Kegiatan Pekan olahraga
dan seni (PORSENI)
di sekolah merupakan sebuah kegiatan dimana peserta didik mampu menyalurkan
minat, bakat dan hobi bagi. Dalam lingkup sekolah, Pekan olahraga
dan seni (PORSENI)
biasanya dilaksanakan setiap 2 kali setahun diakhir semester. Dimana kegiatan
yang dilaksanakan mencakup kegiatan olahraga, lomba cerdas cermat dan pagelaran
seni. Dengan tujuan untuk mempererat hubungan siswa baik senior maupun junior.
Pelaksanna kegiatan PORSENI secara umum memberikan
manfaat bagi peserta didik adalah untuk membentuk potensi diri dan kebersamaan
setiap individu dalam melakukan suatu kegiatan yang bersifat positif.
Semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi
positif dalam pembentukan karakter dan kami berharap dalam pelaksanaan kegiatan
ini menjadi momentum yang tepat dalam mewujudkan ukuwah islamiah dalam sebuah
jalinan silaturahmi. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan karunia-Nya kepada
kita semua, Aamiin.
Wassalamualaikum Wr.Wb
LAPORAN KEGIATAN PELAKSANAAN KEGIATAN
PEKAN
OLAHRAGA DAN SENI (PORSENI)
TAHUN PELAJARAN 2022-2023
Upaya
peningkatan mutu pendidikan merupakan suatu kegiatan yang tidak pernah lepas
dari perhatian kita semua, oleh karena itu perlu adanya strategi yang tepat
untuk melaksanakanya. Salah satu program yang akan dilaksanakan oleh SMK
Wiraswasta Cimahi berkenaan dengan hal ini yakni Pekan Olahraga dan
Seni Antar Kelas (PORSAK).
PORSAK adalah kegiatan pekan olahraga antar kelas yang sering
diadakan oleh setiap sekolah menjelang libur semester ganjil. Pada tahun pelajaran 2022/2023 ini diadakan pada bulan
Desember pasca Penilaian Akhir Semester usai. Kegiatan ini sengaja dilakukan dalam
rangka mengisi program kerja
SMK Wiraswasta Cimahi setelah PAS.
Kegiatan PORSAK ini diisi dengan :
A. Bidang Olahraga
1. Bola Volly
2. E-Sport
3. Bola Futsal
B. Bidang Seni
1. Musikalisasi Puisi
2. Stan Up Komedi
3. Siging Kontes
4. Unjuk Kabisa/Bakat Siswa
Kegiatan PORSAK ini bertujuan untuk
melatih sportifitas antar kelas dan mencari bibit-bibit prestasi di
bidang olahraga. Secara umum manfaat pendidikan pekan olahraga
bagi peserta didik adalah untuk membentuk potensi diri dan kebersamaan setiap
individu dalam melakukan suatu kegiatan yang positif. Sehingga kami sadar bahwa
pekan olahraga dan seni antar kelas (PORSAK) juga perlu dilaksanakan demi
meningkatkan potensi akademik maupun non-akademik bagi pelajar itu sendiri.
Penyelenggaraan kegiatan PORSAK ini
di landaskan pada :
1)
Program Kerja Kesiswaan SMK
Wiraswasta Cimahi
2)
Program Kerja OSIS SMK Wiraswasta
Cimahi
Kegiatan pekan olahraga antar kelas ini
dilaksanakan dengan tujuan untuk:
1)
Menjadi wadah pembinaan atlet ber-prestasi bagi
para siswa-siswi SMK Wiraswasta dalam bidang olah raga.
2)
Mencari atlet-atlet yang terbaik baik dalam
fisik, mental, dan sportifitas.
3)
Menjadi tempat bagi siswa-siswi untuk
mengeluarkan semua kemampuan yang dimilikinya
4)
Memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan yang
bermanfaat.
5)
Melestarikan permainan tradisional di era
modern.
6)
Sebagai ajang silaturahmi antar siswa siswi.
7)
Meningkatkan sikap sportivitas dalam sebuah
pertandingan olahraga
Peserta PORSAK adalah
Siswa siswi kelas X, XI dan XII tahun ajaran 2022-2023 SMK
WIRASWASTA.
E.
WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan
Pekan Olahraga
dan Seni Antar Kelas (PORSAK)
akan dilaksanakan Pada :
Hari : Selasa
Tanggal : 13-23 Desember 2022
Waktu : 07:00 S/d
Tempat : SMK
WIRASWASTA Cimahi (Kampus 1)
F.
JENIS KEGIATAN
Jenis kegiatan ini adalah perlombaan
antar kelas dengan ketentuan sebagai berikut:
No |
Jenis
Perlombaan |
Ketentuan |
2. |
Bola Voli |
2 set |
3. |
E-Sport |
1.
Untuk babak penyisihan kalian main dengan wasit. Yang main dalam ruangan
5vs5 (Jika ada orang lebih dari pemain yang di sertakan maka akan dikenakan
denda.) 2.
Game hanya dapat di rematch Jika. (Saat Draft Pick langsung melapor
kepada wasit yang ada di ruangan bahwa adanya HP yang NgeFreeze dalam segi
Draft Pick.) Apabila sudah memasuki Game itu tidak bisa rematch. 3.
Pause dari masing-masing Team hanya Diperbolehkan 2x pause dengan Chat
All (P) dan sekali pause maksimal
5menit. 4. Dilarang menggunakan program ilegal dalam bentuk
apapun yang merugikan team lain, apabila ketahuan akan langsung kami DISKUALIFIKASI. 5.
RECALL, EMOT, TAUNT, dan RADIO
ALL diperbolehkan. CHAT ALL
DILARANG (Jika ada yang CHAT ALL AKAN DI DISKUALIFIKASI). 6.
Sebelum pertandingan dimulai, semua tim harus memastikan bahwa koneksi
internet dan device yang mereka gunakan berjalan lancar selama pertandingan. 7.
Memasuki ruangan sesuai dengan jam main. ( Diusahakan sebelum jam main
sudah dalam ruangan ). 8.
Setiap peserta diwajibkan untuk add friend/follow panitia dari ruangan
tersebut. 9.
Jika team lawan tidak lengkap atau tidak datang dalam waktu yang sudah
ditentukan dari jadwal, maka team dengan yang datang terlebih dahulu yang
menang. 10. Batas menunggu 10 menit dari jadwal. 11. Jika ditemukan atau terdengar mengeluarkan kata-kata
Toxic atau Bad Attitude dari player maupun team, panitia akan melakukan
tindakan dengan melakukan denda. 12. Untuk format BO 1 (Best of One Series), Jika team
mengalami kekalahan, maka team tersebut sudah tidak bermain lagi di babak
Selanjutnya (gugur). 13. Team yang melanggar Rules dan ketentuan – ketentuan
yang sudah dibuat oleh panitia, akan langsung di Diskualifikasi. 14. Keputusan akhir ada di panitia. Dan keputusan
panitia bersifat mutlak dan tidak dapat DIGANGGU GUAT. 15. Match dalam bentuk Custom Mode DraftPick. NO BAN / BEBAS HERO. HERO VALENTINA TIDAK
BOLEH DIGUNAKAN. ( APABILA DIGUNAKAN AKAN DI REMATCH DAN KENA SANKSI
PERINGATAN 1 ). 16. KUALIFIKASI BO1, SEMIFINAL BO3, GRANDFINAL BO3, DAN
BRONZE MATCH BO3 |
7. |
Musikalisasi Puisi |
1. Tema puisi adalah “Kawan”. 2. Peserta lomba merupakan pelajar SMK
Wiraswasta yang merupakan perwakilan dari setiap kelasnya. 3. Setiap tim tidak lebih dari 2-5 orang
dengan pembagian tugas diserahkan. 4. Persiapan puisi : Ø Puisi merupakan hasil karya sendiri yang
dipersiapkan terlebih dahulu oleh peserta. Ø Peserta mempersiapkan tiga rangkap copy
puisi untuk dewan juri beserta nama-nama personil dalam grup. 1. Menjadikan seluruh teks puisi menjadi syair
lagu, tetapi tetap harus terdapat unsur pembacaan puisi, baik sebagai
backsound maupun selingan lagu. 2. Hasil karya orisinil/belum pernah
dipublikasikan. 3. Musik yang dibawakan harus aransemen
sendiri. 4. Peserta menggunakan instrumen bebas tapi
non-elektrik. 5. Durasi persiapan alat maksimum 5 menit. 6. Penilaian dilakukan ketika peserta berada
di pentas. 7. Durasi pementasan setiap naskah dari setiap
grup maksimal 10 menit. 8. Panitia tidak menyediakan alat musik yang
diperlukan oleh peserta. 9. Panitia hanya menyediakan sound
system. 10.Penghitungan durasi pementasan dimulai
setelah pembawa acara memperkenalkan peserta kepada dewan juri dan penonton. |
No |
Kegiatan |
Tanggal |
Tempat |
Ket |
1. |
Lomba Futsal |
12-14 Desember 2022 |
Kp1 |
|
2. |
Lomba Voli |
12-14 Desember
2022 |
Kp1 |
|
3. |
Lomba E-Sport |
12-15 Desember
2022 |
Kp1 |
|
4. |
Unjuk Kabisa/Bakat Siswa |
23 Desember 2022 |
Kp1 |
|
Panitia
Pelaksana Pekan olahraga dan seni (PORSENI)
Penanggung
Jawab : Zaelani S.ST
Pembina OSIS : Moch.Rafi Abdul
Rahmat
Kordinator Lapnagan :
Asep Yusuf Mukmin, S.Pd
Ketua
Pelaksana : Indah Puspitasari
Sekretaris :
Ismi Fitriani
Bendahara :
Ane Mariam
Koor
Lapangan :
Wisnu
Koor
Lomba Bola Voli :
Irfan
Koor
Lomba E-Sport : Dimas Febrian
Koor
Lomba Singing Contest : Ratna Sari
Koor
Lomba Stand Up Comedy :
Firdaus
Koor Lomba Puisi : Ira Siti Arfiah
Koor Lomba Musikalisasi Puisi :
Mugny Annas Tasya
Seksi
Konsumsi :
Nurul Shifa
Pembantu
Umum :
OSIS Tingkat 3
Keamanan :
OSIS Tingkat 3
Rencana Anggaran Biaya Pekan Olahraga
Antar Kelas
dan Pent (PORSAK) :
A. KEBUTUHAN HADIAH |
||||
NO |
KEBUTUHAN |
RINCIAN |
HARGA |
KET |
1 |
Hadiah Lomba Futsal |
Juara 1 |
300.000 |
|
Juara 2 |
200.000 |
|
||
Juara 3 |
150.000 |
|
||
2 |
Hadiah Lomba Volly |
Juara 1 |
300.000 |
|
Juara 2 |
200.000 |
|
||
Juara 3 |
150.000 |
|
||
3 |
Lomba E-Sport |
Juara 1 |
200.000 |
|
Juara 2 |
150.000 |
|
||
Juara 3 |
100.000 |
|
||
4 |
Unjuk Kabisa/Bakat Siswa |
Juara 1 |
200.000 |
|
|
|
Juara 2 |
150.000 |
|
|
|
Juara 3 |
100.000 |
|
|
JUMALAH TOTAL |
2.150.000 |
B. KEBUTUHAN KONSUMSI |
||||
NO |
KEBUTUHAN |
VOL |
HARGA |
JUMLAH |
1 |
Air Mineral Dus |
5 |
20.000 |
100.000 |
2 |
Makan Panitia Guru |
4 X 5 |
15.000 |
300.000 |
3 |
Snack Panitia Siswa |
20 X 5 |
10.000 |
1.000.000 |
|
JUMLAH
TOTAL |
1.400.000 |
C. KEBUTUHAN
ALAT/BAHAN |
||||
NO |
KEBUTUHAN |
VOL |
HARGA |
JUMLAH |
1 |
Bola Plastik |
20 |
50.000 |
100.000 |
2 |
Net Voly |
1 |
300.000 |
300.000 |
3 |
Batu Batere Mick Wareless |
10 |
5.000 |
50.000 |
4 |
P3K |
1 |
100.000 |
100.000 |
|
JUMLAH
TOTAL |
550.000 |
Jumalah Total Dana Yang dibutuhkan = (A + B + C)
2.150.000 + 1.400.000 + 550.000 =
4.100.000
Terbilang : Empat Juta Seratus Ribu Rupiah
Total dana yang Di setujui :
3.300.000
Terbilang : Tiga Juta Tigaratus Ribu Rupiah
Demikianlah Laporan Kegiatan
ini kami susun sebagai bahan Evaluasi kegiatan yang akan datang. Semoga laporan ini
dapat diterima dengan baik serta tujuan dari kegiatan ini dpat tercapai. Terima
kasih kami sampaikan atas segala bentuk partisipasinya, dan hanya kepada Allah
SWT kami serahkan semuanya. Semoga Allah SWT membimbing dan merodhoi acara
kita. Amin.
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN KEGIATAN
PEKAN OLAHRAGA DAN SENI
SMK WIRASWASTA CIMAHI
TAHUN PELAJARAN 2022 – 2023
Menegetahui
|
|
Sekretasis, |
|
Menyetujui
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar